banner4

KEWAJIBAN SUAMI UNTUK MEMELIHARA KEHORMATAN ISTRI

Baca Juga




Kehormatan pasangan suami istri dalam sebuah rumah tangga menjadi bagian penting dalam membangun sebuah rumah tangga yang sakinah mawaddah warahma, dan dipenuhi   ketentraman dan kebahagiaan hidup baik suami maupun istri, masing-masing memiliki tanggung jawab untuk menjaga kehormatan pasangan hidupnya. Suami berkewajiban menjaga dan memelihara kehormatan istrinya demikian juga sebaliknya. Karena hal ini sudah merupakan anjuran dari Rasulullah saw. di samping itu, penjagaan dan pemeliharaan kehormatan masing-masing pasangan juga bentuk dari memelihara kehormatan dirinya sendiri.

Kehormatan istri haruslah dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Janganlah sekali-kali seorang suami bersikap acuh dan meremehkannya karena hal ini dapat mendatangkan kekecewaan istri, istri akan merasa harga dirinya direndahkan oleh suaminya sendiri dan yang terpenting, istri bisa menjadi jauh dari beribadah kepada Allah. Kekecewaan istri dapat menimbulkan kedurhakaannya terhadap suami. lstri bisa menjadi malas melaksanakan kewajibannya, sehingga terjadi ketidak harmonisan dalam rumah tangga.

Membicarakan keburukan istri dihadapan keluarga atau kerabat lain adalah salah satu contoh merendahkan kehormatan istri. Sementara itu, suami bisa melakukan banyak hal sebagai upayanya dalam memelihara kehormatan istri, diantara hal itu adalah:

1)   Membekali istri dengan ilmu agama

lstri yang berbekal ilmu agama yang baik senantiasa akan mengamalkan dalam kehidupannya sehingga segala perbuatan dan perkataannya selalu dilandasi dengan akhlak baik. lstri yang berakhlakul karimah tentu saja secara tidak langsung orang akan menghargai dan menghormati dirinya.

2)   Menyuruh istri memakai pakaian sesuai tuntutan syariah

Hal ini juga upaya suami dalam menjaga kehormatan istri. Betapa tidak, istri yang berpakaian tidak syar'i, tidak menutup aurat jika keluar rumah maka orang akan memandangnya rendah Karena lingkungannya telah mencap keluarganya sebagai keluarga muslim. Masyarakat sekitarnya bisa beranggapan negatif bahwa keluarga muslim kok pakaiannya tidak menutup aurat? Disamping itu merupakan kewajiban seorang muslimah pada Allah menutup aurat dihadapan orang yang bukan muhrim.

3)   Memperhatikan izin jika istri keluar rumah

Suami harus jeli dan teliti dalam memberikan izin istrinya untuk keluar rumah. Apakah keluarnya tersebut benar-benar untuk kebaikan,  jauh dari berbaur secara bebas dengan orang yang bukarmuhrimnya, dan lain sebagainya

4)   Tidak membuka aib istri.

Aib suami atau istri adalah hal yang sangat vital dalam kehidupan rumah tangga Jangan karena suka dipuji, seorang suami menjadi lupa diri dan mau saja disuruh membuka aib istrinya pada orang lain. Akan berdosa sekali jika sampai hal ini dilakukan walaupun membicarakannya pada keluarga terdekat sekalipun. Membuka aib istri berarti juga merendahkan kehormatan istri.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan suami dalam memelihara kehormatan istrinya sebagai wujud untuk menunaikan salah satu kewajibannya sebagai suami yang shalih.





0 Response to " KEWAJIBAN SUAMI UNTUK MEMELIHARA KEHORMATAN ISTRI"

Post a Comment

wdcfawqafwef