banner4

KEWAJIBAN SUAMI IKUT MENGASUH ANAK

Baca Juga



Suami harus menyadari bahwa beban istri dalam mengurus rumah tangga amatlah berat jika dikerjakan sendirian apalagi ketika masih memiliki anak balita. Suami berkewajiban membantu istri meringankan bebannya.

Turut serta mengasuh anak khususnya anak yang masih kecil wajib diiakukan oleh suami Karena di samping dapat meringankan beban istri, hal ini secara tidak langsung juga akan menimbulkan selain dekat dengan ibu, anak juga  akan dekat dengan sang ayah sehingga akan mudah dalam mendidiknya kelak.

 Adapun mengasuh anak tidak hanya memenuhi kebutuhan materinya semata, tetapi suami juga harus berperan aktif menggantikan tugas istri dalam mengurus anak misalnya memandikan, menyuapi makannya, mengganti popok, mengajak anak jalan-jalan dan lain sebagainya. Sehingga, istri dapat mengerjakan tugas rumah tangga lainnya dengan tenang. Adanya kerja sama yang baik, Insya Allah akan mendatangkan manfaat yang banyak dalam rumah tangga. serta janganlah sekali-kali suami bersikap egois dengan beranggapan bahwa tugas mengurus anak adalah tanggung jawab istri seorang.

Keegoisan yang tinggi dalam jiwa suami tentang kewajiban mengasuh anak diatas, dapat disimpulkan bahwa suami telah sengaja melalaikan tanggung jawabnya sebagai kepala rumah tangga yang berkewajiban membawa keluarganya dalam ketentraman dan kebahagian hidup.

Dengan melalaikan kewajibannya membantu istri mengurus anak selain dapat merusak keharmonisan rumah tangga juga dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak kelak. Anak yang hanya mendapat sentuhan asuhan dari ibu, bisa jadi perkembangan dalam mencapai pendewasaannya akan kurang kuat. Anak juga akan menganggap ayah hanya sebagai tempat meminta uang bukan sebagai pengayom hidup, juga bukanlah pendidik dan pengasuh yang baik Sehingga harga diri suami akan menjadi rendah dihadapan istri dan anak-anaknya.

Hanya suami muslim yang shalih yang takut akan adzab dan siksa Allah akan dengan sungguh-sungguh melaksanakan segala perintah dan larangan-Nya.  Serta meneladani sikap dan perbuatan Rasulullah saw. termasuk menunaikan kewajiban mengasuh anak.




0 Response to "KEWAJIBAN SUAMI IKUT MENGASUH ANAK "

Post a Comment

wdcfawqafwef