banner4

KEWAJIBAN SUAMI SETIA PADA ISTRI

Baca Juga



Mungkin banyak diantara para suami yang  tidak  menyadari bahwa setia pada pasangan hidupnya (istri) adalah termasuk salah satu kewajibannya.

Setiap pasangan suami istri dituntut untuk saling setia demi ketentraman dan kebahagiaan rumah tangganya.Setia dimasukkan dalam kewajiban diantara pasangan Suami  istri karena hal ini menyangkut masalah hati. Sebagai orang yang normal, sering kali seorang laki-laki tergoda ketika memandang lawan jenisnya, Saat itu juga tumbuhlah keinginan bermaksiat. Namun bagi orang yang beriman, keinginan semacam itu harus dapat dikendalikannya. 

sebagai suami, hendaklah segera sadar diri jika suatu saat tergoda dan tanamkan dalam hati, bahwa semua itu hanya nafsu dan godaan setan, Jika dituruti hanya akan memberi nikmat sesaat, dan menimbulkan penyesalan yang  berkepanjangan. Juga yakinkan hati kita, bahwa hanya hubungan dengan pasangan yang sah membuat hidup kita sehat dan bermartabat.

Hal inilah yang harus diperhatikan oleh para suami agar setia pada istrinya karena ketidak setiaan pada istri akan  menimbulkan perbuatan-perbuatan dosa,  suami Juga  dapat lalai dengan kewajiban-kewajiban lain yang harus dipenuhinya. Sehingga dengan terlalaikannya satu ke wajiban setia ini, dapat-merusak kehidupan rumah tangga yang telah susah payah dibangunnya.

Seandainya suami yang biasa mencari nafkah di luar rumah dan banyak berinteraksi dengan lawan jenis, kemudian tergoda dengan wanita lain. Maka segeralah mengingat Allah dengan beristighfar, mengingat istri dan anak di rumah, segera menjaga pandangan dengan wanita bukan muhrim, atau menghindari hal-hal yang dapat mendorong pada perbuatan maksiat. Atau jika godaan itu semakin kuat dan dikhawatirkan tidak kuasa menahan nafsu, maka segeralah pulang mencari istri.

 Hal ini sebagaimana anjuran Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh shahabat yang mulia, Jabir ra. Jabir ra. mengatakan, Rasulullah saw. pernah melihat seorang wanita, lalu beliau segera mendatangi istri beliau bernama zainab yang sedang menyamak kulit, guna melepaskan kerinduannya. Setelah itu beliau pergi menemui para shahabat, dan bersabda." sesungguhnya wanita itu datang dan pergi bagaikan setan. Maka apabila kamu melihat (tertarik) kepada wanita, datangilah istrimu. yang dernikian itu dapat menentramkan gejolak hatimu."

Itulah tuntunan dari Rasulullah saw. dalam menjauhkan kemaksiatan yang mungkin timbul dari fitnahnya wanita. Sehingga suami akan senantiasa setia pada istrinya.

Namun bukan termasuk ketidaksetiaan suami yang melakukan poligami. Karena hal ini juga merupakan tuntunan Rasulullah saw. dan disebutkan juga dalam Al-Quran tentang diperbolehkannya suami beristri lebih dari satu asalkan dengan alasan yang syar'i. Demikian juga suami yang beristri satu, dua, tiga, atau empat tetap dituntut kewajibannya untuk setia pada istri-istrinya.


0 Response to "KEWAJIBAN SUAMI SETIA PADA ISTRI "

Post a Comment

wdcfawqafwef