banner4

KEWAJIBAN SUAMI MEMBIMBING ISTRI MENUJU AKHLAK YANG BAIK

Baca Juga



Suami bertanggung jawab sepenuhnya terhadap sikap dan perilaku istrinya. Bimbinglah istri agar tidak terbawa arus kerusakan moral. Nasehat seorang suami merupakan sunnah yang harus dijalankan agar istrinya. Menjadi wanita yang baik, shalihah dan taat serta bisa menjalankan kewajibannya sebagai istri dengan sebaik-baiknya.

Anas ra. berkata:"Sahabat-sahabat Rasulullah saw, bila mereka mengiringkan pengantin perempuan kerumah suaminya pada hari-hari pertama, mereka menyuruh dia berbakti dan mengurus hak suaminya. Berkenaan dengan hal ini, Abu Dawud pernah berkata kepada istrinya:'jika kamu melihat aku marah, maka relakanlah.Dan jika aku melihat engkau marah,maka aku relakan juga. Sebab kalau tidak, kita tidak akan menjadi satu !

Jika suami menginginkan istrinya dapat berbakti dan mampu mengatur rumah tangga yang senantiasa didasarkan pada syariat lslam, serta dapat menjadi madrasah bagi anak-anaknya,maka kewajiban suami untuk membimbing istrinya tersebut dengan menanamkan akhlak yang baik sebagaimana yang dicontohkan dalam kedua hadist  diatas. Karena sesungguhnya seorang istri yang memiliki kebaikan akhlak, akan dapat menjalankan kewajibannya dengan baik dan sempurna. Perlu diperhatikan juga, bahwa dalam memberikan bimbingan terhadap istri, suami tidak boleh mengindahkan sikap lemah lembut dan kasih sayang serta bersikap tegas jika istri agak sulit untuk di bimbing. Di samping itu, sebagai suami perlu menyadari dirinya sebagai panutan bagi istri dan anak-anaknya, harus mampu memberikan teladan akhlak yang baik pada mereka. Jangan hanya bisa menyuruh dan menasehati saja sedangkan dirinya sendiri tidak benar-benar mengamalkan akhlak yang baik tersebut. Jangan pula berharap dapat membimbing istri menjadi shalihah jika dirinya saja jarang melakukan kewajiban-kewajiban syar'i, terutama menjalankan rukun Islam dan rukun lman.

Sementara itu, bimbingan akhlak yang bagaimana yang harus ditanamkan pada istri. Sebenarnya banyak sekali yang perlu diajarkan padanya. Tapi yang lebih didahulukan yaitu dengan menanamkan akhlak yang berhubungan dengan hak dan kewajibannya sebagai istri.

   A.   Bimbingan Keauratan

Perkemban gan zaman dan teknologi mampu mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Seperti cara berpakaian. Fenomena saat ini, banyaknya beredar busana muslim dan jilbab "modis" yang kerap dipakai wanita muslim saat ini. Jika dipandang dari segi kerapian dan kemodisan memang busana muslimah tersebut cukup enak untuk di pandang. Tapi dari segi agama, hal itu tidaklah memenuhi syarat sebagai pakaian muslim dan tidak layak untuk di katakan sebagai busana muslimah. Karena busana-busana tersebut telah berubah fungsi dari yang semula menutup aurat, tapi diubah bentuknya menjadi modis dengan masih terlihatnya lekuk-lekuk tubuh pemakainya. Juga bentuk jilbab yang kecil membelit leher kadang juga terlihat leher pemakainya. Hal ini jelas telah melanggar larangan Allah  .yang tersebut dalam firman-Nya:

"Katakanlah (wahai Muhammad) kepada wanita-wanita mukminah, agar mereka menahan pandangan dan meniaga kemaluannya,  jangan sampai mereka memperlihatkan auratnya kecuali yang biasa Nampak padanya! Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya!....'
(QS.An-Nuur.31)

Seorang suami yang shalih tentu akan menjaga diri dan istri agar dijauhkan dari siksa api neraka. Oleh karenanya suami wajib memberikan bimbingan akhlak dan mengarahkan istri agar senantiasa mengamalkan akhlak lslam. Suami harus bisa mengarahkan istrinya agar tidak mudah terpengaruh serta ikut-ikutan berpakaian yang tidak sesuai syari'at. Karena dengan pakaian yang tidak sesuai syari'at berarti telah melakukan penyimpangan dari pribadi muslimah yang sesungguhnya.

lstri masa kini, yang tidak mendapat bimbingan dengan baik dari suami tentang akhlak khususnya tentang berpakaian yang benar, akan lebih mengutamakan penampilan dan cenderung bergaya hidup berlebihan sehingga bukan tidak mungkin akan keluar dari mulut mereka berbagai tuntutan pada suami untuk dipenuhi kebutuhan ini dan itu yang tidak ada manfaatnya secara syar'i. Apakah
akhlak istri seperti itu yang diharapkan dari suami? Seharusnya sebagai suami, jangan sampai pola hidup yang demikian dapat mempengaruhi istri kita, walaupun si suami memiliki kelebihan harta atau menjabat sebagai orang penting dalam sebuah perusahaan dimana pada zaman sekarang banyak menuntut penampilan yang serasi, rapi, dan sebagainya serta cenderung mengarah pada penampilan dan perilaku orang-orang non-muslim. Namun sebagai muslim kita harus tetap menegakkan syariat-syariat islam. Segala perbuatan dan perilaku harus disesuaikan dengan ajaran islam.

Oleh karena itu, sebagai suami upayakan semaksimal mungkin untuk memberikan bimbingan istri dengan menanamkan akhlak baik pada istri maupun pada anak.

Di samping cara berpakaian, bimbingan akhlak baik yang perlu ditanamkan.pada istri adalah tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai perilaku mereka dipengaruhi oleh budaya muslim yang telah tercemar oleh budaya modern' yaitu budaya non-muslim. Bagaimana seorang istri harus bertutur kata terhadap

suaminya, menjadikan istri paham tentang ilmu agama untuk kelak dijadikan bahan dalam membimbing anak, bagaimana agar istri shalat tepat waktu, membaca Al-Qur'an tiap hari, bagaimana memuliakan tamu, etika hidup bertetangga, berpakaian sopan dan menutup aurat, bagaimana carabergaul dengan orang yang bukan muhrim,  menanamkan semangat siliturahmi, istri dibiasakan menebar salam pada sesama muslim. Hal-hal yang demikian merupakan akhlak baik yang mesti ditanamkan oleh seorang suami kepada istrinya agar menjadi istri yang berakhlak baik.

Bimbingan itu juga tidak melulu soal-soal yang berkaitan dengan akhiratnya. Suami juga selayaknya mengarahkan dan mendorong istrinya untuk meningkatkan pengetahuannya dalam berbagai bidang, terutama ilmu yang berkaitan dengan kemashlahatan rumah tangga, terutama yang ada hubungannya dengan pemenuhan hak-hak suami. Dengan demikian, tujuan untuk mencapai keharmonisan yang sempurna dapat segera diraih.










0 Response to "KEWAJIBAN SUAMI MEMBIMBING ISTRI MENUJU AKHLAK YANG BAIK"

Post a Comment

wdcfawqafwef