banner4

KEAJIBAN SUAMI BERSIKAP LEMAH LEMBUT TERHADAP ISTRI

Baca Juga

BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA ISTRI

Rasulullah saw. bersabda:
Sesungguhnya kelembutan itu tidaklah ada pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya (menjadikan sesuatu itu indah). Dan tidaklah dihilangkan kelembutan itu dari sesuatu rnelainkan akan memperjeleknya."
(HR.Muslim).

Seorang suami dituntut untuk dapat bersikap lemah-lembut terhadap istrinya. Karena sikap lemah lembut ini merupakan tuntunan dan teladan dari Rasulullah saw.
Kelembutan merupakan sebab setiap kebaikan. Allah akan memberikan pahala pada suami yang bersikap lemah lembut terhadap istrinya. Dalam sebuah hubungan rumah tangga, seorang suami harus membiasakan diri dengan sifat lemah lembut ini.Termasuk kelembutan seorang suami adalah bila ia menyempatkan untuk bercanda dan bersenda gurau dengan istrinya. Hal ini dilakukah Rasululiah saw dengan istrinya.

'Aisyah ra menceritakan apa yang ia alami dengan suaminya, Rasulullah saw. dalam sebuah safar, Rasulullah saw. bersabda kepada para sahabatnya:

"Majulah kalian (jalan duluan), Maka mereka pun berjalan mendahului beliau. Lalu beliau lerkata kepada, Aisyah (yang ketika itu masih belia dan langsing): Ayo kita berlornba lari, Kata'Aisyah: ,'Akupun berlomba bersama beliau dan akhirnya dapat mendahului beliau. Waktu pun berlalu. Ketika, Aisyah telah gemuk, Rasulullah saw. kembali' mengajakinya berlomba dalam satu safar yang beliau lakukan bersama Aisyah. Beliau bersabda kepada para sahabatnya: Majulah kalian, Maka mereka pun berjalan mendahului beliau. lalu beliau berkata kepadaku:Ayo kita bertomba lari". Kata 'Aisyah:' Aku berusaha ,"mendahului beliau namun dapat mengalahkanku, Mendapatkan hal itu, beliau pun teftawa seraya berkata:"ini sebagai balasan lomba yang lalu."
(HR.Abu Dawud).


   A.   Keuntungan Bersikap Lemah Lembut

     Sikap lemah lembut terhadap istri dan keluarga memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah:
1)  Mendapat pahala yang besar dari Allah
2) Dengan bersikap lemah lembut terhadap istri,maka istri akan merasa senang  hatinya dan merasa di hargai.
3) Dengan kelembutan, istri dan anggota keluarga yang dibimbing akan menerima bimbingan itu dengan senang hati dan tidak merasa terpiksa.

Allah swt.berfirman:
"Maka disebabkan oleh rahmat Allah lah kamu bersikap temah lembut kepada mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi kisar, niscaya mereka akan rnenjauhimu....."
(QS.Ali-lmran: 159).

4) Kelembutan mendatangkan kebaikan hidup berumah tangga.
Rasulullah saw. berbabda:

"Barang siapa tidak memiliki sifat lemah lembut, maka tidak mendapat kebaikan."
(HR. Muslim, Ibnu Majah,dan Ahmad)

5)  Dengan kelembutan, memudahkan tercapainya tujuan-tujuan yang di inginkan dan akan dimudahkan segala tuntutan, maksud dan tujuan yang ada. dimana hal itu tidak dimudahkan dan tidak disediakan untuk yang selainnya.

  B.   Penting Bersikap Lemah Lembut Terhadap lstri
Allah swt. menciptakan wanita dengan segala kekurangan dan kelemahannya. la butuh dibimbing dan diluruskan karena ia merupakan makhluk yang diciptakan dari
tulang yang bengkok. Namun meluruskannya butuh kelembutan, kesabaran,dan tidak berlebih-lebihan agar tidak mematahkannya. dan janganlah sekali-kali membiarkannya hingga terus menerus di atas kebengkokannya.

Rasulullah saw. bersabda.
"Berwasiatlah kalian kepada para wanita (istri) dengan kebaikan karena mereka itu di ciptakan dari tulang rusuk.Dan bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah bagian yang paling atas. bila engkau paksakan untuk meluruskannya, maka engkau akan mematahkannya. Namun bila engkau biarkan begitu saja (tidak engkau luruskan) maka dia akan terus menerus bengkok .Karena itu berwasiatlah kalian kepada para wanita (istri)'
(HR.Bukhari dan Muslim)'

Penting membimbing dalam memberi nasehat kepada istri dengan temah lembut dan penuh kehati-hatian 'Karena jika dilakukan secara paksa ia akan patah' bukannya semakin lurus, tetapi   justru berantakan Serta jangan lupa melandasi diri dengan kesabaran yang tinggi'

Hendaklah suami lebih menekankan diri untuk bersikap' pemaaf atas kekhilafan istri dan besikap toleran terhadap hal-hal yang masih bisa ditolerir.  Ketegasan tetap di utamakan, tetapi praktik dan perwujudannya tetap di hiasi dengan penonjolan sikap arif

Sebagai seorang pemimpin dalarn rurnah tangganya' suami diharuskan menjalankan kewajiba nya dengan penuh kelembutan dan kasih  sayang terhadap istri' Sebagaimana istrinya pun diperintah untuk taat kepadanya dalam dalam perkara yang baik ,seningga akan terwujud ketenangan diantara keduanya dan , abadilah  ikatan cinta dan kasih sayang.

DEMIKIAN SMOGA BERMANFAAF



0 Response to "KEAJIBAN SUAMI BERSIKAP LEMAH LEMBUT TERHADAP ISTRI"

Post a Comment

wdcfawqafwef